WordPress.com
loading...

Belajar Membuat Toko Online Gratis di Blogspot

Johny Ganteng Cart

Cara Membangun Toko Online dengan Blogspot – Bagi anda ingin membangun sebuah bisnis di dunia internet marketing, maka membuat sebuah toko onlinetidak boleh anda tinggalkan. Dengan membangun toko online sendiri, akan membuat kita semakin kredibel dan tentu bisa membangun brands kita.

Sebenarnya kita bisa saja, hanya membangun toko online di media sosial saja, ( misal : FacebookInstagram dan Twitter ) dan itu juga membuahkan hasil juga…
Namun apakah anda yakin hanya seperti itu saja??
Maksut saya, anda yakin hanya akan membangun bisnis anda gitu-gitu saja. Jadi sudah saatnya anda naik level dengan harapan bisnis yang sedang anda jalankan juga semakin menjadi besar dan mulai di kenal banyak orang.
Jika sosial media kita konsepnya membangun pasar, maka membangun toko online ( membuat website ) artinya kita membangun toko sendiri. Artinya kita tidak menyewa kios-kios seperti di pasar tradisional, tetapi kita benar-benar punya toko sendiri.

BERARTI MEMBANGUN TOKO ONLINE LEBIH BAGUS DARI PADA SOSIAL MEDIA YA??

Nah ini… Masalah kebanyakan para internet marketing ( pemula : termasuk saya) kita sering kali di sibukan dengan hal tekhnis dan tekhnis !! Kita malah jadi lupa bahwa kita ini adalah seorang pengusaha !!
Kita lupa disana. Kita ini hanyalah seorang pengusaha yang berpromosi dengan internet. Artinya internet hanyalah tools, jadi jangan sampai anda di sibukan dengan hal-hal tekhnis saja, anda harus berfikir sebagai seorang pengusaha !!
Jadi kesimpulannya tidak ada yang lebih bagus antara membangun toko online dengan web dan juga dengan sosial media. Semuanya bagus, makanya silahkan gunakan semuanya selama itu bisa membuat bisnis anda semakin berkembang ( karena anda pengusaha ).
Mungkin bagi sebagian besar, membangun toko online sangat memusingkan. Mungkin…
Nah tetapi sebenarnya gampang kok, dan tidak sesulit yang anda bayangkan asal anda mau tekun dan tetap terus belajar. Blogspot adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online anda.
Nah pada kesempatan kali ini, saya akan share bagaimana step-step membangun toko online anda dengan Blogspot.

LANGKAH #1 MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT

Langah pertama yang anda harus and lakukan adalah membuah sebuah blog atau website dulu di blogspot. Silahkan pilih Tittle dan URL yang susuai dengan nama produk atau jasa yang akan anda tawarkan.
Jika blog anda sudah jadi, sekarang ada 2 pilihan. Anda mau yang versi gratisan atau yang versi berbayar.
JIka yang versi gratisan, nanti di belakang nama URL blog kamu masih ada embel-embelnya blogspot ( misal www.namatoko.blogspot.com). Tetapi jika anda mengunakan yang versi berbayar, maka tidak ada lagi embel-embel di nama URL anda. Sehingga yang terlihat misalnya www.namatoko.com
Semua kembali lagi ke anda. Anda yang lebih tahu tentang yang terbai bagi bisnis anda. Silahkan ukur susuai dengan Otak, Tenaga, Waktu dan Uang yang anda miliki.

LANGKAH #2 PENUHI KEBUTUHAN MESIN

Setelah membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan mesin. Memenuhi kebutuhan mesin ini kalau dalam bahasa internet marketingseriing disebut sebagai SEO on-page.
Soalnya percuama, jika anda membangun toko online tetapi tidak di SEO kan. Sebab tanpa SEO toko anda akan sepi dari pengunjung dan tentu tidak akan terjadi transaksi.
Jadi menurut saya, membangun toko online dan SEO itu adalah satu paket. Jadi tidak bisa dipisahakan. Toko yang sepi ( tanpa SEO ) terjadi sebab anda tidak memberi tahu kalau anda itu sudah membuka sebuah toko.. Jadi jika anda tidak memberi tahu kalau anda sudah punya toko, maka dari mana toko tersebut dapat di temukan.
Jadi apa saya yang di butuhan mesin agar Toko yang kita buka bisa di kenal??
Karena saat ini mesin pencari di dominasi oleh google, maka kita mau gak mau harus mengikuti apa maunya google ( yang penting kita clossing. hehe )
Jadi sebenarnya Google itu hanya bisa membedakan 3 warna yaitu Biru, Hitam dan Hijau.
Biru : Untuk Tittle Blog
Hitam : Untuk Deskripsi Blog
Hijau : Untuk URL blog

1. SETTING TITTLE DAN DESKRIPSI BLOG



Masuk ke dashboard blogger kamu. Kemudian klik Setelan atau Setting

Secara otomatis kita akan di bawa ke menu setelan dasar

Nah untuk menganti judul, silahkan klik edit di menu judul. Untuk menganti Deskripsi juga sama. Tinggal klik edit saja. Panjang maksimal karakter untuk judul adalah 100 dan untuk deskripsi adalah 500

Membuat Title dan Deskripsi di Blogger
Isikan Title dan Deskripsi Toko Online Sesuai dengan Produk yang Dijual
Silahkan di isi sesuai dengan kata kunci yang anda bidik.

2. CARA SETTING DAN GANTI TEMPLATE BLOGGER

Karena pihak blogger hanya menyediakan sedikit template untuk blog kita dan menurut saya masih sangat simple. Jadi wajar dong kalau kita pingin menganti template yang sesuai selera kita.
Untuk template silahkan search di google. Anda bisa mengunakan keyword ” Template blogger toko online” dll. Silahkan cari yang menurut anda paling pas. Intinya donwload dulu template yang telah benar-benar fix. Mungkin situs dibawah ini bermanfaat untuk mencari template blogger :
1. BloggerOlShop (premium + panduan)
2. btemplates
3. Tech Client (Blogger Online Shop)
Biasanya untuk pemula akan labil disini, jadi sering gonta-ganti template. ( Pengalaman pribadi hehe). Maka saran saya, jangan gonta-ganti template, apalagi kamu udah mulai meng-SEO kannya. Sekali-sekali jangan !
Langkah 1 : Buka Dashboard blog anda kemudian pilih template lalu klik >> Cadangkan/Pulihkan
Langkah 2 : Masukan Template yang sudah di donwload
Silahkan klik Browse tetapi sebelumnya jangan lupa untuk mengekstraknya  terlebih dahulu, sebab yang kita ambil yang file .xml nya saja.
kemudian pilih file xml dr template yang sudah di download.Selamat template blog sudah selesai anda ganti
untuk itu saya juga lapirkan beberapa template yang memang tampilannya khusus untuk toko online. Berikut contoh-contohnya :

DOWNLOAD GRATIS TEMPLATE BLOGGER UNTUK TOKO ONLINE

Shoppaholic Boutique Blogger Tempate
Shoppaholic Boutique – Online Shopping Store Blogger Template
 Demo | Download
Johny Ganteng Cart
Johny Ganteng Cart – Online Shopping Store Blogger Template
Shopping Cart
Shopping Cart  – Online Shopping Store Blogger Template
BetaCommerce Store
BetaCommerce Store – Online Shopping Store Blogger Template
Shopingo - Template Blog Toko Online
Shopingo – Template Blog Toko Online
Blogger Store - Template Blog Toko Online
Blogger Store – Template Blog Toko Online

LANGKAH KE #3 PENUHI KEBUTUHAN KONSUMEN

Membuka bisnis online memang harus memperhatikan 2 aspek penting yaitu, aspek mesin dan manusia. Sebab walau kita berjualan di dunia maya, tetepi tetap juga yang membeli ya manusia juga kan?? 
1. Buat Menu Header
Menu Header adalah menu yang berada di atas sebuat web/blog. Jika anda akan membuka toko online, jangan pernah lupa untuk mencantumkannya di blog kamu.
Untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini
1 Masuk menu setting blogger >> Laman/Pages >> Laman baru
2. Beri Judul dan Deskripsikan Judul tersebut
Tambahkan keterangan yang dibutuhkan agar pelangan mudah dalam memesan produk anda

CARA POST ARTIKEL (PRODUK) DI BLOG

Agar toko online kita cepet ter index oleh mesin pencari, kita bisa mengunakan bantuan artikel. Dengan artikel , blog akan lebih mudah terindex daripada yang tidak ( menurut pengalaman saya)
1 Buka Blogger anda
2. Pilih Menu “POS” ( Versi Indnesia )
3. Pilih “buat entri baru” atau anda juga bisa langsung klik menu “gambar pencil”
4. Buat Artikel Anda
Pertama : Buat Judul artikel yang akan anda tulis
Kedua : Tulis artikel anda
Ketiga : Silahkan tambahkan beberapa varian di tulisan anda, seperti menambah gambar, Jenis tulisan, Ukuran tulisan hyperlink dll
Keempat :
– Label : Memberikan label pada tulisan anda
 Jadwal : Menjadwal postingan anda
– Tautan Permanen : Mengubah url post anda
– Lokasi :  Menambahkan lokasi anda
Kelima :
Publish : Jika anda sudah yakin dengan artikel anda silahkan langsung saja anda publish
Simpan : Jika anda belum yakin/belum selesai dan akan anda lanjutkan lain waktu
Pratinjau : Untuk melihat preview dari tulisan anda
Sampai tahap ini Anda sudah berhasil untuk membuat toko online di blogger. Sebenarnya mau buat toko online lewat blogger, wordpress, mau berbayar atau gratisan itu sama saja. Yang penting ada pemasukannya bukan?

TAPI, BAGAIMANA MEMBUAT TOKO ONLINE DI BLOGGER SUPAYA MENARIK DAN BERHASIL?

Nah ini yang jadi permasalahan, kalau sudah buat toko online trus diapain?
Jujur saja, saya secara teknis dan hasil itu belum pernah berhasil membuat toko online yang menghasilkan pemasukan yang banyak. Mengapa hal itu terjadi? Karena secara passion saya belum nyaman di sini.
Saya lebih suka menulis, dan membuat web daripada jualan online. Ada banyak sekali yang berhasil membuat toko online dengan pemasukan luar biasa padahal ilmunya biasa-biasa saja. Mengapa? Karena mereka punya passion disini.
Sebagus apapun teknik yang kamu miliki, kalau kamu tidak nyaman untuk menjalaninya maka kamu juga tidak akan berhasil. Saran saya, jangan terlalu ambil pusing untuk tampilan blog / toko online ini. Lebih baik fokus ke mekanisme bisnisnya.
Tapi, bukan berarti membuat toko online yang menarik itu tidak penting ya. Bukan itu maksud saya, saran saya Anda habiskan dan fokus waktu untuk membuat toko online itu pada 1 minggu awal saja. Selebihnya fokus optimasi dan pengembangan bisnis.
Lantas bagaimana membuat toko online menjadi menarik? Berikut beberapa tipsnya :

1. LIHAT DULU PRODUK APA YANG ANDA JUAL?

Misal seperti ini, Anda hanya menjual produk khusus saja. Yaitu 1 produk, jadi Anda tidak perlu membuat toko online yang kompleks seperti lazada, olx, dll.
Mengapa? Ya karna yang akan Anda jual itu 1 produk saja. Beda perkara kalau Anda menjual banyak produk, nah bolehlah memilih template yang kompleks.
Sebagai contoh silahkan kunjungi rajutku.id karena hanya menjual 1 buah produk saja yaitu tas rajut, maka tampilan web toko onlinenya dibuat sederhana saja. Yang terdiri dari 1 halaman deskripsi produk, dan yang lain seperti halaman-halaman yang telah dijelaskan di atas.

2. PILIHLAH TEMPLATE YANG RINGAN

Nah, ini juga penting sekali. Template yang kompleks dan bagus biasanya berimbas pada loading web yang lama. Karena itulah pilihlah template yang simple dan ringan saja.
Tidak usah terlalu banyak animasi, dll. Yang penting informasi tersampaikan dengan jelas kepada calon konsumen. Kalau template bagus tapi berat dan pengunjung lari bagaimana mau untung?

3. PILIH TEMPLATE YANG MENARIK

Ringan saja tidak cukup, template harus menarik alias tidak membosankan. Menarik disini sekali lagi bukan berarti harus banyak animasi, dan efek-efek tidak penting lainnya.
Menarik disini paling tidak good looking alias enak dipandang, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di web. Template yang menarik dan ringan ini sangat berpengaruh kepada pengunjung.
Mungkin itu saja tips untuk membuat toko online di blogspot, di lain kesempatan saya akan membahas membuat toko online di wordpress. Sekedar informasi saja, wordpress self host untuk toko online memang lebih baik daripada blogger. Ya wajar, karena wordpress self host ini berbayar.
Semoga bermanfaat

0 Response to "Belajar Membuat Toko Online Gratis di Blogspot"

Post a Comment

paypal

Artikel Pilihan

loading...